Monday, January 27, 2014

Problem Catur Delapan Mentri dan Kuda Troya

Inilah problem catur yang cukup melegenda dan sering dimainkan sebagai selingan di semua lapisan. Memang banyak yang sudah tahu, tapi yang namanya satu generasi muncul lagi generasi berikut yang kadang menghilangkan atau melupakan problem yang menarik ini.

Problem menyusun delapan Mentri tanpa bersinggungan berkaitan langsung dengan langkah Kuda. Langkah Kuda dalam permainan catur memang unik, seolah membentuk huruf L. Bisa juga diartikan sebagai tendangan. Apalagi Kuda apabila sudah memasuki wilayah musuh sungguh sulit dibendung mengingat tendangannya menuju ke seluruh arah.

Tadinya, saya sempat bingung bagaimana menyusun 8 Mentri tanpa bersinggungan ini. Dua hari lamanya saya memikirkannya. syukurlah, khayalan tentang tendangan si Kuda Troya sungguh membantu. Bagaimana susunannya? Inilah rahasianya :

Selanjutnya bagiamana nasib si Kuda Troya? Nah, jika Anda ingin melatih anak Anda untuk bermain catur, jangan lupa untuk memainkan langkah ini, sekadar menanamkan dalam benaknya betapa berbahayanya si Kuda Troya.


Langkahnya adalah...to continued....




Comments
0 Comments

No comments:

Post a Comment