Thursday, March 26, 2020

MVL Menang Atas Ian Nepomniachtchi dengan Pertahanan Perancis Winawer

Maxime Vachier-Lagrave alias MVL (FRA) berhasil meraih kemenangan atas Ian Nepomniachtchi (RUS) pada ronde ke-7 yang berlangsung di Yekaterinburg, Rusia tanggal 25 Maret 2020.

Untuk sementara MVL berhasil memimpin di puncak calon penantang sang juara Magnus Carlsen itu di babak pertengahan ini yang direncanakan 15 babak sampai dengan tanggal 5 April 2020. Sedangkan bagi pemain lain, kekalahan Nepo menaikkan moral meraih peluang untuk menaikkan peringkat masing-masing.


Game ini dimainkan dalam Pertahanan Perancis Varian Winawer. Entah mengapa Nepo memilih menjawab e4 dengan e6, padahal Pertahanan Perancis dikenal rumit, liar dan mendebarkan. Apa karena lawannya kali ini dari Perancis? Atau berharap peluang menang karena Winawer varian Poisoned Pawn atau bidak beracun g7 atau h7 yang menjadi umpan Hitam untuk memojokkan Menteri Putih dalam upaya merebut tempo? Ya, biasanya kebanyakan Varian Winawer Bidak Beracun-kecuali Judit Polgar yang pegang Putih-dimenangkanan oleh Hitam.



Pada langkah ke-18 Nepo menutup Pusat dengan c4 di mana selanjutnya MVL terlihat mengontrol permainan dengan menguasai lajur terbuka b yang memaksa Kuda Hitam mundur ke e7. Mundurnya Kuda itu dimanfaatkan oleh MVL untuk menukar Gajah buruknya dengan Kuda e7 itu, sambil tetap mempertahankan serbuan dari  sayap Raja. Hasilnya, Menteri Putih berhasil menyusup ke jantung pertahanan Hitam dengan 40. Qd6.

Untuk sementara, sehubungan dengan keputusan pemerintah Rusia telah mengumumkan untuk menghentikan sementara lalu lintas udara mulai 27 Maret 2020 sampai waktu yang tidak ditentukan, maka FIDE memutuskan untuk menunda pertandingan kandidat ini untuk menjamin para pemain dapat pulang ke negara masing-masing tepat waktu.

Turnamen akan dilanjutkan setelah situasi global sudah memungkinkan dan pandemi Covid19 sudah mulai dapat teratasi. Sedangkan hasil pertandingan yang sudah berlangsung tetap sah untuk dilanjutkan babak ke-8 pada waktunya.


Comments
0 Comments

No comments:

Post a Comment