Monday, December 7, 2015

Tips Memenangkan Catur Cepat (Speed Chess)

Berikut ini kumpulan saran-saran yang saya kutip dari beberapa teman yang sudah ribuan kali bermain catur online di situs-situs chess (catur in English), yang membantu Anda untuk menjadi pemain catur secepat dan sehebat peluru. 

Sebenarnya, prestasi Anda dalam permainan catur cepat sangat erat kaitannya dengan prestasi Anda salam permainan catur tradisional. Jadi jika nilai elo Anda di chess.com hanya 1000 sampai 1200, maka jangan berharap mengalahkan GM atau mereka yang memiliki elo di atas 1500 dalam permainan catur cepat/blitz/speed chess.


  1. Awali permainan dengan Pembukaan yang Anda kuasai. Waktu adalah faktor penentu dalam permainan catur cepat, jangan disia-siakan dengan memainkan pembukaan yang tidak Anda pahami. Lain kata, jangan habiskan waktu dengan bangunan pembukaan yang Anda tidak memahaminya. Pastikan lawan Anda tidak akan mendapat keuntungan akibat Anda tidak paham dengan pembukaan. Pembukaan Ruy Lopez, Perancis, Inggris, Italia dan lainnya rasakan kebebasan dalam menggunakannya.
  2. Buatlah rencana umum permainan. Setelah periode pembukaan selesai, segera atur strategi untuk melakukan penyerangan. Apakah target Anda hanya menang materi atau langsung menyerang sayap raja? Permainan yang terencana lebih baik dari sekedar bermain cepat dalam pertandingan.Perancanaan membantu Anda jika serangan ke sayap Raja sulit, maka Anda tetap bisa mengatur buah catur untuk tetap solid.
  3. Selalu buat taktik terbaru. Taktik membantu Anda dalam menyerang cepat dan tempo tinggi. Namun dalam permainan cepat kita tak akan sempat berpikir dalam menyusun strategi. Taktik dan menang materi merupakan kemewahan dalam speed chess. Rajin-rajin lah dalam berlatih taktik. Taktik adalah memenangkan atau menguasai permainan dalam jangka pendek, 2 sampai 6 langkah ke depan. Kenali tusukan bidak ganda, penguasaan jalur terbuka, bidak promosi, dan serangan kombinasi.
  4. Jangan ragu. Paling lama 35 detik saja Anda gunakan waktu untuk menyerang raja, menukar perwira atau pion atau menghindari situasi rumit. Selain dari itu jangan ragu untuk bermain cepat, ikuti saja rencana umum Anda dan Anda akan menemukan sesuatu yang mengejutkan dengan intuisi Anda.
  5. Serbuan bidak. Dalam beberapa kasus, serangan pion atau bidak adalah senjata paling ampuh dalam speed chess. Tidak hanya menyulitkan lawan, pion atau bidak yang masuk ke wilayah lawan dapat menghemat waktu dalam permainan catur cepat. 
  6. Teruslah bergerak. Dalam kondisi sulit atau waktu yang kepepet, terus saja bergerak. Lakukan apa pun dalam waktu yang kritis. Apakah pengorbanan mentri, check Raja lawan, atau perjalanan bolak balik sang Raja.
Pada akhirnya, menang atau kalah sepanjang permainan Anda harus selalu fun atau senang. Catur cepat kadang membuat kita ceroboh, sekaligus menantang dan bermanfaat bagi diri kita untuk terbiasa mengatur waktu lebih efisien. 

Permainan catur cepat juga sangat menyenangkan sebagai tontonan.
Comments
0 Comments

No comments:

Post a Comment