Sunday, November 29, 2015

Syarat Menjadi Pecatur Hebat

Untuk menjadi pemain catur yang kuat dan tidak dapat dikalahkan dengan mudah ada beberapa syarat yang harus dimiliki oleh seorang pemain yang ingin mengembangkan diri menjadi pecatur profesional. Berikut ini beberapa syarat tersebut yang dapat diteladani dari Juara Dunia Catur termuda, Magnus Carlsen:

  1. Memiliki fotografik memori yang kuat. Memori yang baik merupakan salah satu ciri dari seorang pemain catur yang kuat. Usia lima (5) tahun Magnus sudah hafal seluruh negara di dunia, lengkap dengan ibukota, populasi, luas wilayah dan bendera. Termasuk hafal 400 lebih kota-kota di Norwegia. Ia mengenali posisi acak suatu partai pertandingan dengan mengingat nama pemain serta tahun dan tempat permainan berlangsung.
  2. IQ tinggi. Meski ia enggan mengukur IQ nya, tidak ada orang sekuat Magnus Carlsen dalam menghitung variasi langkah sekuat dia.
  3. Mencintai permainan ini. Dalam usia 8 sd 10 tahun Magnus menghabiskan waktu berjam-jam dalam mempelajari langkah-langkah para juara di masa lalu. Bukan karena dianjurkan, tapi karena ia memang ingin mempelajarinya. Dia terus bermain karena ia memang suka
  4. Naluri membunuh atau meraih kemenangan. Catur memang membunuh Raja sebagai tujuan akhir, yang artinya kemenangan. Apa pun permainan atau bidang yang kita geluti selalu berprinsip meraih kemenangan
  5. Kebugaran tubuh. Ini bukan dominan, tapi tubuh yang sehat (mental dan fisik) adalah harta paling berharga.
  6. Pengalaman. Meski masih berusia 25 tahun, ia Juara Dunia Catur tahun 2013 dan dalam 15 tahun terakhir telah bermain dalam pertandingan catur kelompok elite dunia. Dia telah belajar trik permainan non komputer sejak lama dan dikombinasikan dengan permainan anak-anak modern tahun 90 an. Pengalaman yang bagaimana lagi?
  7. Bakat. Di tahun 2004 ia masih berusia 10 tahun kala itu. Dan memenangkan permainan catur dengan cara luar biasa tanpa persiapan klik di sini untuk membuktikan langkahnya.
  8. Sikap. Nah, Magnus Carlsen memiliki sikap yang haus akan kemenangan. Kutipan favorit dari dirinya adalah : Beberapa orang telah berpikir jika lawan mereka memainkan permainan yang indah Its OK jika kalah. Saya tidak!Anda harus (bermain) tanpa ampun. Some people think that if their opponent plays a beautiful game, its OK to lose. I don't. You have to be merciless. 
Comments
0 Comments

No comments:

Post a Comment