Sunday, May 18, 2014

Melepas Penguncian Balak Enam

Salah satu cara menekan lawan domino berpasangan adalah mengunci balak enam yang dipegang lawan agar tidak dapat diturunkan. Masalahnya, bagaimana kita tau jika lawan di bawah tangan memegang balak 6?

Berikut cara mengetahuinya :
  1. Sudah pasti kita tidak punya balak enam
  2. Lihat lawan bawah tangan, apabila memainkan mata domino (ekor) enam, artinya ia sedang memberi sinyal (meminta bantuan) mandannya untuk membantu menurunkan mata enam juga, agar balak 6 ybs keluar.
  3. Jika mandan kita langsung mengunci enam, berarti mandan tidak memegang balak enam, sudah pasti lawan di bawah tangan. Biasanya begitu, jika mandan melakukan langkah terpaksa, perhatikan mandan apakah di putaran batu ke-2 mandan memainkan enam.
Lalu kapan terjadinya peristiwa seperti judul di atas? Berikut contoh peristiwa atau segmennya :
  1. Sudah pasti lawan di bawah tangan yang memiliki balak enam (biasanya ia memainkan enam 2 kali)
  2. Jika mandan membunuh atau menutup enam sebanyak dua kali, maka sudah turun mata 6 sebanyak empat batu
  3. Artinya, tinggal 3 buah mata enam yang belum turun, salah satunya di kita.
  4. Jika misalnya mandan bermain empat, sudah dapat dipastikan ia pegang mata 6 - 4. Bawah tangan balak enam dan kita punya 6 yang satunya lagi.
  5.  Jika mandan main mata 4 dua kali, biasanya ia memiliki mata 4 itu sebanyak tiga atau 4 batu, salah satunya mata 6 - 4 itu tadi
  6. Oleh karena itu, sebagai mitra, kita wajib membantu mandan dengan cara melepaskan penguncian balak enam yang dipegang lawan bawah tangan agar  mata 6 - 4 yang dimiliki mandan dapat diturunkan agar meraih kemenangan mutlak
Paham?

Catatan : Berlaku untuk balak lainnya, tergantung kondisi / susunan batu
Comments
0 Comments

No comments:

Post a Comment