Wednesday, March 5, 2014

Trik Bermain Catur Supaya Menang

Jika bermain catur tanpa teori dan trik, jangan berharap akan menang. Jika ingin menang, ikuti terus tulisan di blog ini, saya akan berbagi pengalaman maupun pengetahuan yang sudah dihimpun dari bahan bacaan, baik itu buku maupun blog catur / chess dari luar negeri.

OK langsung saja dengan asumsi Anda semua sudah paham cara melangkahkan buah catur. Sebaiknya memang langsung praktek bila perlu bandingkan dengan catatan pertandingan kelas dunia dari website atau buku-buku catur yang banyak beredar.

Berikut langkah-langkahnya :
  1. Anda harus memahami aneka pembukaan catur, jenis-jenisnya, dan ketentuan langkah awal yang kuat. Cara menghafal adalah dengan bermain sendiri dengan simulasi. Bisa dengan papan catur manual atau kalau boleh ada pilihan di chess.com menu GAME EDITOR.
  2. Kuasai medan tengah dengan minimal satu bidak, jangan lebih dari dua. Beberapa pemain memiliki ciri khas dengan bermain gambit untuk menghancurkan penguasaan medan tengah Anda, beberapa yang lain mencoba bermain sayap Hindia dengan Gajah yang membidik medan tengah. Cobalah pahami dengan baik cara membela dan mempertahankan kekuasaan di medan tengah.
  3. Jagalah bidak tengah dengan satu atau lebih perwira. Setelah rokade, sebaiknya salah satu benteng ikut membantu eksistensi bidak tengah.
  4. Jangan keluarkan perwira berat yakni Mentri di awal permainan. Mentri yang sendirian merupakan sasaran empuk buah lawan yang berakibat kalah tempo dalam membangun serangan dan pertahanan.
  5. Kuasai lajur kosong dengan benteng, biasanya di jalur C atau F. Upayakan Benteng menjajah wilayah lawan di baris 7 (hitam) atau 2 (Putih).
  6. Keluarkan Kuda terlebih dahulu daripada Gajah. Kuda dapat menendang berputar ke segala arah. Jika bisa, jadikan ia kuda troya yang melewati garis demarkasi dengan bergantung pada salah satu Bidak kuat.
  7. Tukar Gajah baik dengan Gajah Buruk. Gajah baik lincah artinya tidak terhambat Bidak sendiri atau pun Bidak lawan
  8. Pelajari dengan mendalam peran Raja dan Bidak di permainan akhir. Raja dan Bidak berubah menjadi buah catur terkuat di babak akhir asal semua perwira sudah ditukar.
  9. Usahakan Bidak menjadi perwir, dengan menyiapkannnya sejak babak pertengahan.
  10. Rajin berlatih dan banyak bermain. 
Hanya mereka yang berilmu pengetahuan dan berpengalaman yang akan unggul. 


2 comments:

  1. Replies
    1. Ok, coba register di chess.com ntar bisa main melawan member lain dari seluruh dunia..

      Delete