Saturday, March 14, 2020

Pembahasan Problem Catur 2 Langkah Mat dengan Teori (Part-1)

Bagaimana kabar kawan-kawan pemain catur hari ini? Waspada virus corona, dan tetap bermain catur. Sama seperti pemain game lainnya, pemain catur tentu memiliki cara unik menikmati dunia ini.

Pemain catur terbiasa menyelesaikan persoalan dengan logika. Mereka memiliki naluri yang tajam akan datangnya bahaya, membuat rencana untuk mengantisipasi agar tidak terbunuh, dan tentu saja berlatih setiap hari untuk memenangkan permainan dengan cepat dan tepat.

Apalagi sekarang bukan zamannya lagi bermain catur secara tradisional dalam hal waktu. Sekarang pemain catur profesional banyak menyukai catur cepat (blitz) 3 menit 5 menit atau 10 menit per-orang. Bahkan catur peluru sangat disukai di mana satu pemain masing-masing diberi waktu 1 menit saja untuk melangkah.

Nah, blog ini akan menampilkan aneka problem catur beserta pembahasan yang dikaitkan dengan teori Karena apapun bidang seni dan sains di muka bumi ini selalu ada teori dan dasar yang kuat di belakangnya. Tidak laku lagi orang pintar main catur sekarang ini hanya dengan mengandalkan otak. Teori lah yang membuat kita pintar bermain bak kecerdasan buatan.

Sebelumnya, Anda sebaiknya gunakan saja papan catur untuk simulasi ini, karena di samping hemat listrik, lebih baik berlatih pakai papan agar masuk ke otak, lagi pula  tangan Anda lebih lincah memindahkan langkah-langkah yang saya tunjukkan sambil bercerita di sini, bagaimana setuju ya?

OK kita mulai saja problem itu lengkap dengan deskripsi:

Penting untuk diketahui syarat adalah 2 langkah mat. Ketentuan umum, langkah buah sesuai aturan FIDE, Hitam menyerang ke bawah untuk pion dan Putih ke atas. 

Lihat posisi Raja Hitam. Fokus ya. Raja tidak bisa ke mana mana. Pion Hitam di d7 siap menerkam Benteng Putih, dan Pion di g4 tinggal 3 langkah lagi menjadi Menteri Baru. Sedangkan Menteri Hitam mengikat Benteng Putih di h8 dan Menteri Putih di b3 di mana kedua perwira Putih ini siap melakukan skak mat terhadap Raja Hitam. Artinya, Menteri Hitam melakukan tugasnya sesuai dengan perintah.

Keuntungan Putih, ia memiliki banyak perwira, termasuk Kuda. Secara teori, tidak mungkin akan berlangsung Mat dalam 2 langkah jika hanya mengandalkan check atau skak dengan Benteng atau Menteri, tapi harus dibantu oleh Kuda yang menutup jalan Raja lawan agar tidak dapat lolos. Coba saja. Kalau Gajah dan Benteng apakah berperan? Sebelumnya saya juga sudah berkali-kali mencoba dengan memindahkan Kuda ke Kf7+ karena Benteng segera dimakan Menteri disusul Raja Hitam makan Kuda di d7 yang membuatnya lolos dari jerat 2 langkah mati.

Yang membuat problem ini menjadi rumit adalah posisi Menteri Hitam yang mengikat baik Menteri Putih atau pun Benteng Putih di mana Menteri Hitam menghalangi kedua perwira itu untuk membunuh Raja Hitam dalam 2 langkah. Namun, setiap penyakit ada obatnya. Taktik atau teori catur yang banyak digunakan oleh pemain kelas dunia adalah serangan tersembunyi atau Discovered Attack. Di sini Benteng dan Menteri itu berada di balik duo Kuda yang siap membuka diri agar Benteng atau Menteri itu dapat melakukan serangan mematikan. Kita lihat ya
1. Bd5. Oleh karena Menteri Hitam mengikat kedua sang eksekutor itu baik Benteng di h8 atau pun Menteri Putih di c3, maka Putih harus melindungi salah satu dari Bh8 dari Menteri Hitam Mb3 sebagai senjata pamungkas dalam skak 2 langkah mat ini, sekaligus mengosongkan petak d6 untuk dapat ditempati salah satu Kuda dalam membuka selubung. Taktik ini dikenal dengan Discovered Check.

Jika 1....Mxh8, maka Kce6+# sedangkan jika Mxb3, maka Kd-e6+#


Nah, lebih gampang bukan dengan teori skak tersembunyi dan memahami kelebihan langkah Kuda sang pembuka selubung?Jika ingin melihat problem 2 langkah paling rumit lihat di sini.




Comments
0 Comments

No comments:

Post a Comment