Tuesday, March 17, 2020

Manuver Menteri Yang Mematikan dalam Problem Dua Langkah Mat

Menteri adalah buah yang paling kuat di atas papan catur. Tapi betapa kuatnya makhluk di muka bumi jika ia tidak berhati-hati ia pun bisa mati konyol.

Jika diberi nilai numerik, maka Menteri bernilai 9, 1 Benteng bernilai 5, Gajah dan Kuda nilai 3 sedangkan bidak 1. Saking bernilai nya, serangan yang dilakukannya maupun didukung Menteri selalu sangat kuat dan sulit dibendung. Sedangkan jika sang Menteri dikorbankan biasanya menghasilkan skak mat.

Menteri sanggup bergerak hampir ke semua titik di papan dengan arah seluruh penjuru mata angin. Dia dapat bergerak diagonal dan vertikal. Menteri dapat digunakan mengusir Menteri lawan dari petak strategis sambil menyerang Raja lawan. Ia dapat bekerja sama dengan perwira lain, Raja bahkan bersama bidak. Ia bisa melakukan penguncian atau pin serta serangan jala-jala dan X-Ray. Jika semua pion promosi, ia dapat kesemuanya menjadi Menteri. Maka tak ada tempat lagi untuk Raja lawan.

Berikut ini permainan Bobby Fischer di mana ia memiliki Menteri yang sangat kuat dan tidak dapat dibendung:

Qg3!!

Namun kelalaian atau kesalahan dalam menempatkannya dalam posisi yang tepat dapat membalikkan keadaan.

Lihatlah problem catur dua langkah mat ini. Bisakah Anda memberikan cara yang tepat agar Raja Hitam mati dalam 2 langkah?


Putih jalan ke atas, Hitam ke bawah

Apakah jawaban saya dengan menjalankan 1. Qe4  di bawah ini sudah benar? Mohon berikan jawaban Anda di kolom komentar.



Q = Queen  Indonesia M=Menteri

No comments:

Post a Comment