Saturday, March 21, 2020

Ada Dua Problem Catur yang Mirip Tapi Beda Cara Penyelesaian

Mungkin Anda pernah menemukan salah satu dari 2 problem catur dua langkah mat ini.

Sebelumnya, jika Anda terbiasa menggunakan engine dalam mencari jawaban maka boleh jadi Anda akan cepat mengerti mana langkah terbaik. Tapi ingat, ketika Anda bertanding atau bermain baik secara offline dengan papan catur maupun online umumnya otak kita agak lamban bekerja karena tidak terlatih memecahkan problem dengan logis, karena sering  tidak nalar akibat penggunaan engine.

Nah, kembali kepada problem catur, jangan terpengaruh oleh yang namanya judul problem yang dibuat sulit misalnya 3 star dan lain sebagainya. Itu hanya kecap yang jualan problem saja. Permainan catur itu sangat nyata dan logis. Sebaiknya dalam melakukan analisis gunakan papan catur atau papan simulasi pada web atau aplikasi untuk mencoba pelbagai kemungkinan langkah. 

Tidak masalah Anda menyelesaikan satu problem dalam satu minggu, yang penting otak Anda sendiri yang memecahkan teka teki itu. Puas banget. Saya sering mencobanya. Lakukan dengan langkah demi langkah, terlebih dahulu amati posisi Raja lawan yang harus checkmate. Ke mana saja larinya, bagaimana posisi buah yang melindunginya, apakah ada pin yang menguncinya, bisakan pelindungnya disingkirkan, dapatkah skak mat dilakukan sambil rokade atau melalui promosi perwira kita tidak harus Menteri? Macam - macam. Kumpulkan semua variabel yang mungkin lalu cobalah langkah terbaik. Antisipasi beberapa alternatif jawaban karena biasanya Raja lawan dapat melarikan diri atau dilindungi perwira dengan beberapa kemungkinan. 


Dapatkan Anda menyelesaikan problem 2 langkah mat yang mirip dengan posisi  di atas?




No comments:

Post a Comment